SELAMAT DATANG DI SMP ISLAM BRAWIJAYA

Visi dan Misi

A.    Visi SMP Islam Brawijaya
Tantangan sekaligus peluang tersebut harus mampu direspon oleh SMP Islam Brawijaya melalui perwujudan sebuah Visi yang mampu menjawab tantangan masa depan serta mampu memikul harapan masyarakat sekolah, disamping harus tetap sejalan dengan kebijakan pendidikan nasional, serta tetap memperhatikan potensi yang dimiliki oleh sekolah. Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang.Dalam merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait (stage holders sekolah)  bermusyawarah, sehingga visi sekolah mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait, sehingga seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya.

Visi SMP Islam Brawijaya ” KUTAHU YANG KUMAHU, SPRIT ”

SPRIT = Skill – Pengetahuan – Relegius – Innovasi - Tenggang rasa
Bahwa seluruh warga sekolah tahu dan sadar akan apa yang dikehendaki sebagai visi sekolah yaitu  ;“ Terampil dalam bertindak, berpengetahuan luas, teguh memegang Norma Agama, dinamis terhadap perubahan dan memiliki kepedulian Sosial ”Visi tersebut diharapkan mampu menjiwai seluruh warga sekolah, untuk mewujudkan-nya setiap saat secara berkelanjutan dalam mencapai cita cita sekolah, yaitu  ;
  1. Mewujudkan Lembaga Pendidikan yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian dan berciri khas serta sesuai dengan harapan masyarakat.
  2. Mampu mencetak anak didik yang memiliki pola fikir cerdas, terampil, bertaqwa serta mampu berinteraksi sosial dengan masyarakatnya.
B.    Misi SMP Islam Brawijaya
Untuk mencapai visi tersebut, diperlukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Visi SMP Islam Brawijaya yang dirumuskan dari Visi diatas adalah ;Disiplin  dalam  bekerja, mewujudkan manajemen kekeluargaan, selalu bekerjasama, memberikan pelayanan yang prima dengan meningkatkan silaturahmi serta istiqomah dalam pemberdayaan individu ”
Di setiap kerja komunitas pendidikan, kami selalu menumbuhkan disiplin sesuai aturan  bidang kerja masing-masing, saling menghormati dan saling percaya serta tetap menjaga hubungan kerja yang harmonis dengan berdasarkan pelayanan prima, kerjasama, silaturahmi serta selalu berupaya untuk mengembangkan dan memberdayakan seluruh warga sekolah.
Penjabaran misi di atas meliputi:
  1. Mewujudkan Lembaga yang Kondusif edukatif dalam bermasyarakat.
  2. Menumbuhkan dan mengembangkan perilaku beragama bagi siswa sebagai nilai unggulan di SMP Islam Brawijaya yang berciri khas Keislaman dalam bingkai Indonesia sebagai negara bangsa.
  3. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, menyenangkan dan bermakna sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  4. Menumbuhkan dan mengembangkan potensi diri siswa melalui keberagaman kegiatan ekstra kurikuler.
  5. Mendorong siswa untuk mengembangkan sikap humanisme yang bersumber pada budaya bangsa serta menciptakan kebersamaan antar warga sekolah, orang tua, masyarakat, lembaga dan instansi terkait dalam upaya menjadikan sekolah sebagai milik bersama.